Keberadaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Garut tidak terlepas dari sejarah cita-cita pendiri dan pembina perguruan tinggi swasta di kota Garut dalam menanggapi aspirasi masyarakat,khususnya masyarakat kota Garut itu sendiri, guna memenuhi tuntutan hadirnya lembaga pendidikan tinggi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Latar belakang kesejarahan lainnya Yayasan Universitas Garut sebagai pencetus lahirnya Universitas Garut, memberikan makna tersendiri dalam sistem pendidikan yang akan dilaksanakan program studi komunikasi, yang berupaya mencirakan diri sebagai suatu model yang berakar pada nilai ā€“ nilai luhur budaya bangsa,serta berfungsi sebagai pengusung nilai religius dengan bercirikan penguasaan yang ideal terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya pada idang yang berhubungan dengan program studi ini.

Fakultasi Ilmu komunikasi Universitas Garut secara resmi didirikan berdasarkan SK pendirian dari DIkti No. 2115/D2.2/2006 pada tanggal 6 september 2006, dengan satu prodi Ilmu komunikasi. Namun Fakultas ini baru beroperasi pada tahun 2008 dengan SK ijin penyelenggaraan program studi Nomor 1580/D/T/2007 tanggal 29 juni 2007, dengan surat ijin perpanjangan No. 11004/D/T/K- IV/2012 dengan program studi Ilmu Komunikasi.

Pada tahun 2021 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, telah mengeluarkan SK untuk pembukaan izin program studi baru yaitu Program Studi Teknologi Informasi, Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Program Studi Rekayasa Sistem Komputer. Pada tanggal 26 April 2021 keluar SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.SK 208/E/O/2021, tentang izin pembukaan Program Studi Teknologi Informasi Program Sarjana. Pada bulan Juni tepatnya tanggal 10 Juni 2021 keluar SK izin pembukaan Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Program Sarjana dengan No. SK. 243/E/O/2021. Pada tahun yang sama di tanggal 23 Juni 2021, keluar lagi pembukaan izin Program Studi Rekayasa Sistem Komputer dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.SK 273/E/O/2021 Program Sarjana. Melihat adanya penambahan Program Studi baru, maka ada peralihan nama Fakultas yang tadinya Fakultas Ilmu Komunikasi menjadi Fakultas Komunikasi dan Informasi Universitas Garut.