Garut, Rabu 18 Oktober 2023 ā€“ Universitas Garut terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dengan menerapkan sistem Outcome-Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Fakultas Komunikasi dan Informasi. Implementasi ini bertujuan untuk memberikan pendidikan yang lebih relevan, berfokus pada hasil pembelajaran, dan memberikan kesempatan lebih besar bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri di luar kurikulum formal.

Penerapan OBE adalah langkah strategis yang memungkinkan Fakultas Komunikasi dan Informasi untuk lebih terlibat dalam pengembangan kompetensi mahasiswa. Dengan fokus pada hasil pembelajaran, mahasiswa akan lebih memahami tujuan dari setiap mata kuliah dan bagaimana itu akan membantu mereka mencapai tujuan karier mereka. Selain itu, OBE memungkinkan pengukuran yang lebih baik terhadap pencapaian pembelajaran, sehingga memungkinkan Fakultas untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Sementara itu, MBKM adalah inisiatif nasional yang mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan di luar kurikulum formal. Fakultas Komunikasi dan Informasi Universitas Garut mendorong mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, magang, pertukaran pelajar, dan proyek-proyek kreatif yang akan memperkaya pengalaman belajar mereka. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan karakter mahasiswa yang diperlukan untuk sukses di dunia nyata.

Dekan Fakultas Komunikasi dan Informasi, Prof. Dr. Hj. Ummu Salamah, M.S, menyatakan, “Penerapan OBE dan MBKM adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas ini. Kami berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang relevan, berorientasi pada hasil, dan mendukung perkembangan pribadi dan profesional mahasiswa kami.”

Universitas Garut juga telah melibatkan dosen-dosen berpengalaman dalam pelatihan khusus untuk memahami dan mengimplementasikan OBE dan MBKM. Dengan demikian, mereka dapat memandu mahasiswa dengan lebih baik dalam pencapaian tujuan pembelajaran dan pengembangan diri.

Penerapan OBE dan MBKM di Fakultas Komunikasi dan Informasi Universitas Garut adalah bagian dari upaya universitas untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang berkualitas. Harapannya, inisiatif ini akan menciptakan lulusan yang siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja dan berkontribusi pada pembangunan masyarakat.

Fakultas Komunikasi dan Informasi Universitas Garut

[Jl. Raya Samarang Jl. Hampor No.52A, Langensari, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151] [fkominfo.uniga.ac.id] [fikom.uniga05@gmail.com] [(0262) 544218]